Bintek Pengenalan Internet dan Jaringan

Kemajuan teknologi informasi dalam era globalisasi semakin hari semakin kian bertambah pesat. Hal ini ditandai dengan semakin mudahnya orang mendapatkan informasi melalui dunia internet / web. Demikian pula dengan data-data tentang kesehatan, semuanya dapat dengan mudah diakses oleh semua pihak yang memerlukannya.

Sarana internet / web juga tidak hanya berfungsi untuk menampilkan data maupun informasi saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai media dalam mengelola data – data mentah yang berasal dari Puskesmas dan jejaringnya untuk selanjutnya diproses menjadi suatu informasi dalam satu pengelolaan data yang berbasis web khususnya di situs Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Seiring dengan dikeluarkannya UU no 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi untuk publik, maka sudah selayaknya Puskesmas sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan di masyarakat, juga dituntut untuk menyajikan data-data tentang pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya tidak hanya dalam bentuk profil maupun laporan tekstular belaka, namun juga dapat disajikan dalam berbagai bentuk informasi yang lebih menarik di dunia maya dan seluruh orang di seluruh dunia dapat mengakses data atau informasi tersebut.

Oleh karena itu, pengenalan dan penggunaan Internet serta jaringan mutlak diperlukan oleh petugas Puskesmas untuk publikasi dan pengelolaan data di dunia maya sehingga akan mempermudah pengelolaan data kesehatan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Kapanpun dan dimanapun petugas pengelola data Puskesmas dapat mengakses dan mengelola data tersebut sepanjang terhubung dengan internet. Komunikasi data antara Puskesmas dengan Dinas Kesehatan Kabupaten maupun dengan Dinas Kesehatan Propinsi, juga akan berjalan lebih cepat dan dapat diminimalisir terjadinya redudansi data yang berakibat kurang validnya data. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka diperlukan suatu bimbingan teknis pengenalan internet dan jaringan bagi petugas UPTD Kesehatan di Kabupaten Bekasi, khususnya petugas pengelola data dan informasi kesehatan.

1 Response to "Bintek Pengenalan Internet dan Jaringan"

  1. Kenapa Seorang Bidan / PNS di Kab.Bekasi Berselingkug dengan 2 Lelaki di Losmen Pinus Dan Losmen Gaharu di Kodya Bekasi yg sdh kedapatan di foto oleh wartawan online tidak juga di respon oleh DINKES Kab.Bekasi...? Berarti semua PNS Di Pemda Kab.Bekasi di bebaskan berselingkuh yang penting tidak ketahuaan.... ok !!!

Posting Komentar

Powered by Blogger